Bahan Ajar Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Ekosistem

Apakah kalian sering mendengar istilah hutan? atau mungkin kalian sudah pernah melihat hutan baik secra langsung maupun melalui gambar serta televisi?  Nah jika sudah mengetahui apa itu hutan, lalu apa saja yang terdapat di hutan itu?. Anak-anak didalam hutan kamu dapat menemukan berbagai jenis hewan dan tumbuhan di sana. Hewan dan tumbuhan yang berbeda jenis dapat hidup bersama di hutan. Makhluk hidup yang hidup bersama dalam lingkungan yang sama beserta lingkungannya disebut ekosistem. Apa yang akan terjadi jika salah satu

jenis dalam ekosistem itu musnah? Apa saja yang mempengaruhinya? Perhatikan pembahasan berikut ini.

A. Kegiatan Manusia yang Mempengaruhi Keseimbangan Alam (Ekosistem)

 

Indonesia memiliki kekayaan alam baik yang ada di daratan dan lautan. Contoh kekayaan alam dari daratan, misalnya hutan, sawah, ladang, sedangkan dari perairan misalnya kolam, sungai, lautan. Semua kebutuhan manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari kekayaan alam tersebut. Oleh karena itu, tidak ada makhluk hidup yang dapat hidup sendiri. Antara tumbuhan dan hewan yang hidup di hutan terjadi hubungan saling ketergantungan membentukImage

ekosistem. Manusia memanfaatkan hasil hutan, misalnya kayu dan rotan. Apakah kegiatan manusia tersebut akan mempengaruhi ekosistem?

Ekosistem dapat terganggu keseimbangannya oleh berbagai kegiatan manusia, seperti penebangan hutan, perburuan, juga penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai aturan. Penebangan hutan dilakukan untuk dimanfaatkan kayunya. Selain itu, juga untuk membuat ladang, perkebunan, pertambangan, industri, dan untuk tempat tinggal. Manusia dapat merusak ekosistem hutan misalnya dengan cara penebangan pohon secara liar atau pembakaran hutan, perburuan secara liar, dan penggunaan pupuk yang berlebihan.

 

1. Penebangan Pohon secara Liar dan Pembakaran Hutan

Perhatikan alat-alat rumah tangga atau peralatan lain yang ada di rumahmu. Apakah ada yang berasal dari kayu? Jenis kayu yang banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, contohnya meranti, kamper, jati, dan mahoni. Jenis-jenis kayu tersebut diambil dari hutan. Adanya penebangan hutan secara liar dapat menimbulkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan dan habitat hewan. Akibatnya banyak jenis tumbuhan yang menjadi berkurang dan lama-lama menjadi langka. Hal ini terjadi karena pengambilan secara terus-menerus tetapi tidak dilakukan penanaman kembali. Tumbuhan yang menjadi langka akibat kerusakan habitatnya misalnya pohon jati, bunga anggrek, dan bunga rafflesia.

Hutan mempunyai peran yang sangat penting bagi ekosistem. Didalam hutan hidup berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Hutan menyediakan makanan, tempat tinggal, dan perlindungan bagi hewanhewan tersebut. Jika pohon-pohon ditebang terus, sumber makanan untuk hewan-hewan yang hidup di pohon tersebut juga akan berkurang atau tidak ada,

karena itu banyak hewan yang kekurangan makanan. Akibatnya banyak hewan yang musnah dan menjadi langka. Selain menebang pohon, manusia kadang-kadang membuka lahan pertanian dan perumahan dengan cara membakar hutan. Akibatnya lapisan tanah dapat terbakar, tanah menjadi kering dan tidak subur. Hewan-hewan tanah tidak dapat hidup, hewan-hewan besar banyak yang mencari makan ke tempat lain bahkan sampai ke pemukiman manusia. Hal ini juga dapat merusak keseimbangan ekosistem.

2. Perburuan Hewan secara Terus Menerus

Image

 Apakah fungsi hewan bagi manusia? Banyak kegiatan manusia yang merusak keseimbangan ekosistem misalnya penangkapan

ikan di laut dengan racun atau peledak. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya terumbu karang. Terumbu karang merupakan tempat hidup ikan-ikan kecil yang merupakan makanan ikan yang lebih besar. Penangkan ikan dengan kapalkapal pukat harimau dapat menimbulkan penurunan jumlah ikan di laut. Sebab dengan pukat harimau ikan kecil akan ikut terjaring. Penangkapan secara liar pada beberapa hewan, seperti penyu, cendrawasih, badak, dan harimau dapat menyebabkan hewan-hewan tersebut menjadi langka. Manusia ada yang berburu hewan hanya untuk bersenang-senang. Juga ada yang memanfaatkan sebagai bahan makanan, hiasan, atau pakaian. Tahukah kamu hewan-hewan langka yang lainnya? Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 1. <Jalak Bali> Image

Gambar 2. <badak Jawa>

 Image

 

Gambar 3. <Orang Utan>

Image

Gambar 4. <Harimau Sumatra>

Image

3. Penggunaan Pupuk yang Berlebih

Apa yang dilakukan petani untuk meningkatkan hasil pertaniannya? Para petani biasanya melakukan beberapa cara agar hasil pertaniannya tetap baik dan banyak. Cara-cara yang dilakukan oleh para petani itu, diantaranya dengan pemupukan dan pemberantasan hama. Pupuk tanaman yang digunakan para petani ada dua macam, yaitu pupuk alami dan pupuk buatan. Pupuk alami adalah pupuk yang dibuat dari Image

bahan-bahan alami, misalnya dari kotoran hewan atau dari daun-daunan yang telah membusuk. Pupuk alami dikenal dengan sebutan pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk buatan adalah pupuk yang dibuat dari bahan kimia. Contoh pupuk buatan adalah urea, NPK, dan ZA. Tahukah kamu, bagaimana cara penggunaan pupuk tersebut? Penggunaan pupuk buatan harus sesuai dengan aturan pemakaian karena dapat mempengaruhi ekosistem. Pupuk buatan yang berlebihan jika kena air hujan akan larut dan terbawa air ke sungai atau danau. Akibatnya di tempat tersebut terjadi penumpukan unsur hara sehingga gulma tumbuh subur. Eceng gondok tumbuh dengan subur sampai menutupi permukaan sungai atau danau. Makhluk hidup dalam sungai atau danau tersebut akan berkurang karena sinar matahari yang dibutuhkan tidak sampai ke dasar sungai atau danau.    

Untuk memberantas hama, para petani menggunakan pestisida atau insektisida. Contoh penggunaan insektisida yang merusak ekosistem adalah penggunaannya tidak tepat Image

waktu, jumlahnya berlebihan, dan jenis insektisidanya tidak sesuai. Penggunaan insektisida dan pestisida ini harus sesuai dengan ketentuan agar tidak membunuh makhluk hidup yang lain, seperti burung atau hewan lainnya yang tidak merusak tanaman. Apakah menurutmu bahan pemberantas hama dapat menempel pada sayuran dan buah-buahan? Berbahayakah itu? Bagaimana caranya agar tidak termakan oleh kita?. Apakah yang terjadi jika petani tidak melakukan penyemprotan insektisida pada tanaman? Banyak sekali hama tanaman yang mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut seperti lalat, jamur, belalang, bakteri, dan yang lainnya.

A. Pemanfaatan Hewan oleh Manusia

Manusia banyak memanfaatkan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Coba perhatikan alat-alat keperluan sehari-hari atau hiasanhiasan, adakah yang bahannya berasal dari hewan? Apakah hewan-hewan yang digunakannya berasal dari hewan langka? Perburuan liar dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab karena sengaja membunuh Image

hewan-hewan tersebut untuk memanfaatkan bagian-bagian tubuhnya. Misalnya, perburuan gajah untuk diambil gadingnya atau macan tutul untuk diambil kulitnya. Gading gajah digunakan untuk hiasan. Buaya dan ular juga diburu untuk diambil kulitnya sebagai bahan tas atau sepatu, sedangkan badak Jawa diburu untuk diambil culanya karena dianggap berkhasiat menyembuhkan penyakit. Hewan itu semuanya termasuk hewan langka. Jadi, jika terus-menerus diburu, lama-kelamaan hewan ini akan musnah. Oleh karena itu, penggunaan bagianbagian tubuh hewan-hewan langka tersebut dilarang keras oleh pemerintah. Bagaimana cara melestarikan hewan-hewan langka ini? Usaha-usaha yang harus kita lakukan untuk melestarikan hewan-hewan langka tersebut, di antaranya sebagai berikut:

1. Tidak boleh berburu hewan sembarangan;

2. Hewan-hewan langka harus dilindungi dari perburuan liar;

3. Hewan langka dibudidayakan;

4. Untuk mengurangi perburuan gajah, dibuat gading tiruan.

C. Pemanfaatan Tumbuhan oleh Manusia

Image

Selain memanfaatkan hewan, manusia juga banyak  memanfaatkan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tumbuhan apa saja yang sering dimanfaatkan manusia? Bagian tumbuhan di hutan yang banyak digunakan manusia adalah kayunya. Kayu jati digunakan untuk bangunan rumah, kursi, tempat tidur, dan lemari. Kayu meranti, kamper, dan mahoni umumnya digunakan untuk bangunan rumah atau gedung. Tumbuhan dapat digunakan kayunya setelah tumbuhan tersebut tumbuh selama berpuluh-puluh tahun. Misalnya, kayu jati usianya sampai puluhan tahun. Jadi, jika kamu menanam jati sekarang, kamu baru dapat menggunakannya 20 tahun kemudian, sedangkan kebutuhan manusia terus meningkat. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah punahnya tanaman-tanaman langka tersebut? Tanaman langka yang sering digunakan oleh manusia harus dilestarikan. Cara melestarikan tumbuhan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Tidak menebang pohon sembarangan.

2. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau

peremajaan tanaman.

3. Pemeliharan tanaman dengan benar.

Selain kayu, bagian-bagian tumbuhan lainnya pun banyak yang dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya, pohon tebu diambil batangnya untuk diolah menjadi gula pasir, atau pohon karet diambil getahnya yang dapat diolah menjadi bahan dasar pembuatan barang-barang dari karet. Coba sebutkan manfaat lainnya yang dapat diambil manusia dari tumbuh-tumbuhan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rangkuman

  1. Kerusakan hutan yang disebabkan oleh manusia yaitu penebangan hutan terus-menerus.

2. Perburuan hewan yang terus-menerus dapat memusnahkan hewan.

3. Penangkapan ikan di laut dengan bahan peledak dapat merusak terumbu karang.

4. Penggunaan pupuk yang berlebihan dapat menimbulkan tumbuhnya gulma dengan cepat.

5. Manusia sering menggunakan kayu dari tumbuhan untuk kebutuhan hidupnya, contohnya rumah, kursi, dan meja.

6. Manusia sering menggunakan bagian tubuh hewan untuk obat dan hiasan.

7. Perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti penebangan liar dapat menimbulkan kerusakan hutan. Selain itu, tumbuhan dan hewan jadi langka.

8. Manusia harus melestarikan hewan dan tumbuhan

 

Lembar Kerja Siswa 1

 

Bagaimana pengaruh adanya pupuk secara langsung kepada ikan atau hewan air lainnya? Untuk mengetahuinya buatlak kelompok masing-masing kelompok maksimal 3 anak, kemudian lakukan kegiatan berikut ini.

Pencemaran Air oleh Pupuk Buatan

  1. Sediakan dua wadah untuk menyimpan air yang ukurannya sama.
  2. Tuangkan air sampai 3/4 bagian wadah. Masukkan masingmasing dua ikan kecil yang sama ukurannya.
  3. Tambahkan 1 sendok makan pupuk ke dalam salah satu wadah, aduk rata.
  4. Amati apa yang terjadi pada ikan-ikan di kedua wadah tersebut. Dari hasil pengamatanmu, apa yang dapat kamusimpulkan?

 

Lembar Kerja Siswa 2

Sesuai dengan kelompok pada Lembar Kerja Siswa 1 laksanakanlah kegiatan berikut:

  1. Masing-masing kelompok bawalah bibit tanaman apotek hidup, buah-buahan dan sayuran!
  2. Tanamlah bibit yang kalian bawa pada lahan yang telah ibu guru siapkan, dengan pupuk organik dan peralatan yang telah ibu siapkan!
  3. Rawatlah tanaman tersebut setiap harinya!

 

Kunci Jawaban Lembar Kerja Siswa 1 dan 2

 

Ikan yang berada pada air tanpa pestisida tetap hidup seperti biasa, sedangkan ikan yang hidup pada air yang telah diberi larutan pestisida menunjukan reaksi ikan semakin melemah dan lama-kelamaan akan mati.

Kisi-kisi dan pedoman penilaian LKS

No

Indikator

Soal

1

Mempelajari berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem, misalnya penggunaan bahan kimia dan penebangan hutan.

Lembar Kerja Siswa 1

 

Bagaimana pengaruh adanya pupuk secara langsung kepada ikan atau hewan air lainnya? Untuk mengetahuinya buatlak kelompok masing-masing kelompok maksimal 3 anak, kemudian lakukan kegiatan berikut ini.

Pencemaran Air oleh Pupuk Buatan

  1. Sediakan dua wadah untuk menyimpan air yang ukurannya sama.
  2. Tuangkan air sampai 3/4 bagian wadah. Masukkan masingmasing dua ikan kecil yang sama ukurannya.
  3. Tambahkan 1 sendok makan pupuk ke dalam salah satu wadah, aduk rata.
  4. Amati apa yang terjadi pada ikan-ikan di kedua wadah tersebut. Dari hasil pengamatanmu, apa yang dapat kamu simpulkan?

Lembar Kerja Siswa 2

Sesuai dengan kelompok pada Lembar Kerja Siswa 1 laksanakanlah kegiatan berikut:

  1. Masing-masing kelompok bawalah bibit tanaman apotek hidup, buah-buahan dan sayuran!
  2. Tanamlah bibit yang kalian bawa pada lahan yang telah ibu guru siapkan, dengan pupuk organik dan peralatan yang telah ibu siapkan!
  3. Rawatlah tanaman tersebut setiap harinya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s